Headlines News :
Home » » Cerpen Islami - Gue Peka, kok!

Cerpen Islami - Gue Peka, kok!

Written By Anis Khairunnisa on Rabu, 24 Agustus 2016 | 05.57


Lu tau? Hari ini adalah hari yang paling membahagiakan sepanjang hidup gue. Hari paling bersejarah yang tanggalnya pantas untuk dijadikan hari libur nasional. Hari ini bunga-bunga indah di taman hati gue semuanya mekar, gak ada yang kuncup. Semuanya berwarna-warni, tapi gak ada yang abu-abu. Semuanya indah, ceria, ngebuat bibir gue kalau inget itu selalu senyum-senyum sendiri. Aaah. Ini pertama kalinya gue ditembak, guys!. Sama cowok primadona kampus. Wuuuh, pokoknya gak ada kata-kata indah yang bisa mewakilkan bagaianya gue saat ini. Seneng sumpah.

“Ehem!”

Ah, bang Aas. Gue dibikin kaget dengan dehemannya. Gue melongok ke arahnya yang sekarang lagi nyengir kuda natap gue itu, ngebuat gue spontan mengendus kesel.

“Lu ya bang, demen banget gangguin anak gadis yang sedang khusyu’ menatap masa depannya.”


“Ecilee, menatap masa depan. Elu dari tadi abang liatin tuh yaa lagi nglamun, tatapan lu gak tau ke mana, pake acara senyum-senyum sendiri. Menatap masa depan. Nemu kosa kata itu dari mana, heh?” Ledeknya. Gue tau tuuh. Dia pasti ngiri liat gue :D

“Dari kamus cewek yang lagi jatuh cinta, doonh.” Ucap gue sambil mesem-mesem gitu.

“Hah? Apa? Abang gak salah denger? Bukannya lu itu tuna cinta yaa, Oct?”

“Hiss, sembarangan. Lu kali bang yang tuna cinta. Make ngatain gue segala, udah tau buktinya elu yang paling lama jomblo. Gue jomblo baru 19 tahun, dan hari ini masa jomblo gue udah kelar. Lah elu 25 tahun masih ngejomblo dan entah sampai kapan. Kessian adik sama abang. Puk-puk…”

“Suatu saat nanti akan ada satu, dan akan tetap satu untuk menyatu, siapapun itu akan gue cintai dengan cara gue, dengan cara yang Tuhan gue udah ajarin ke gue.” celetuk bang Aas, sok puitis.

“Tapi sekarang tetep jomblo, wee…”

“Ooh, jadi ceritanya sekarang elu udah punya pacar?”

“He’em.. Elu mau gue cariin cewek gak bang? Tawaran mahal niih. Cuma hari ini gue kasih gratis deh ke elu.”

“Si playboy kampus itu yaa?” bukannya jawab pertanyaan gue, dia malah balik nanya. Kali ini gue cuma bales natap dia dengan dua kali anggukan yang gue balut senyum paling manis. “Trus elunya mau sama playboy tukang gonta-ganti pacar gitu?

 “Apaan sih. Itu masa lalu dia, ya biarin laah. Gak boleh apa orang jahat dikasih kesempatan jadi baik? Elu tuh ya bang, selama hidup lo penuh prasangka buruk sama dia, sepersen pun lo gakkan percaya kan sama dia? Ayolah, pliss. Jangan asal negatif thingking. Kasih kesempatan dia buat berubah dulu, baru lu bisa nentuin dia baik atau buruk.”

“Boleh banget tuuh.” dia meloncat duduk di samping kanan gue. “Tapi sayang momennya gak tepat, Octa adik abang sayang. Elu salah kalau ngasih kesempatan dia buat jadi baik, tapi dengan cara mensukseskan ke-playboyannya.” Lanjutnya dengan mimik polos andalannya. “Gimana kalau ternyata dia gak punya niat berubah, dan elu sudah tersia-sia menjadi korban yang terlupakan?” tangannya mencengkram bahu gue, matanya melotot. “ Jangan bodoh laah.” Ucapnya sambil melempar cengkraman tadi. Gue mendadak deg-degan.

“Ngomong apa siih lu bang? Jangan nakut-nakutin gue doong. Pacar gue sayang banget kok sama gue. Dia serius sama gue.”

“Apa buktinya?”

“Buktinya ya dia jadiin gue pacarnya lah!”

“Haha. Eh, Octa, lo gak tau yaa kalau mantan-mantan dia juga dulunya dia jadiin pacar yang sangaaat disayangnya. Kalau bukti keseriusan cintanya cuma dengan dia ngejadiin lu pacar mah, bentar lagi juga lu putus, trus status elu berubah jadi mantan deh. Pas. Sejajar sama deretan nama cewek yang statusnya juga mantan dia.” Plak! Serasa ditampar oleh kata-kata yang ngalir dari mulut Abang gue itu. Gue cuma bisa bengong. Bener juga siih. Bang Aas kembali natap gue. “Sekarang, kalau dia beneran serius sama elu, berani gak dia datang ke abah buat ngomongin lamaran elu?” lanjutnya.

Deg! Tanpa sadar gue menggeleng beberapa kali, yang kemudian disambut ledakan tawa dari Bang Aas.

“Haha, gue tau itu. Gak serius itu tandanya. Peka coba! Kelamaan menderita tuna cinta siih, jadi gak bisa bedain mana yang beneran cinta, mana yang pengennya main-main. Ckck, kessian abang sama adik.”

“Udaah, terima gue aja. Gue gak cuma jadiin lu pacar gue, tapi juga istri. Langsung ijab-qobul, gak pake mesum-mesuman.”

“Laah, kok jadi elu yang nembak gue siih bang? Gue kan pacar orang. Dosa lu, nikem orang.”

“Haha, apaan dosa. Wong dianya aja gak berani nemuin abah kan? Ya mending gue. Orangnya ganteng, udah pasti baik, abah lu udah tau seluk-beluk gue, elu juga udah tau bagus-jeleknya gue. Apa lagi?”

“Tapi gue gak sayang ke elu lebih dari sekedar abang gue. Gue sayangnya ke Ryan.” aku gue. "Eh, sebentar. Gue SMS Ryan dulu. Kali aja dia mau nemuin abah."

“Sok. Silahkan…”

Gue mulai buka hp gue, gue cari kontak bertuliskan nama Ryan, sebelum ahirnya megetik:

“Haii Ryan, lu lagi ngapain? Kita bisa ketemu? Di rumah gue.”

Kriiing… Tiba-tiba HP gue bordering. “Ryan, bang.”

“Load speaker, gue pengen ikut denger.”

“Oke…”

“Halloo Winda sayang…”
“Winda?”
“Eeh, em. Dona maksudku. Dona yang cantik.”
“Siapa Dona?”
“Kartika, Siska, Sarah?”
“Bukan!”
“Trus siapa? Dewi, Gina?”
“Bukaaaan. Gue pacar elu.”
“Oooh, Sandra yaa. Sandra sayang maaf…”
“Gue sekarang sadar, Ryan. Dan cukup tau aja. Semua beralasan sama, dan pada ahirnya yang elu bilang itu semuanya bushit!”
“Eh, tungg…”


KLIK!

“Haha, lu ngenes banget siih. Punya pacar gak apal nama pacarnya sendiri.”

“Yaah, namanya juga playboy.”

“Nah itu sadar.”

“Gue pengen nangiss baaang…”

“Uuh, puk-puk Octa sayang. Tetep tersenyum aja, Octa. Tetep senyum walau pengennya nangis. Tetep bertahan dengan alur yang udah dirancang Tuhan, yaa. Senang dan sedih yang lu rasa Cuma sementara kok. Ada yang lebih abadi dari semuanya. Lu harus ingat itu.”

“Tapi dia incaran semua cewek di kampus gue bang, gue beruntung dapet dia. Ah, elu gak ngerti banget sih. Dan gue juga cinta sama dia. Gue cintaaa…”

“Octa, dia itu gak baik buat lu. Lagian, hidup ini sejatinya adalah terus belajar, dek. Belajar bersyukur meski masih ngrasa belum cukup, belajar ikhlas meski belum rela melepas, juga belajar taat meski masih rasa berat. Elu sama dia pacaran looh. Lu sadar gak sih? Lu udah nglanggar ketaatan pada Tuhan lu. Gak baik dek. Dosa.”

“Baru kali ini gue dibikin nangis sama elu bang.”

“Lah, kok gue? Yang salah siapa? Yang disalahin siapa -_- Gangguan jiwa nih anak.”

“Ya elu siih buru-buru ngasih tau. Hati gue kan baru aja berbunga-bunga, udah lu tebang abis aja semua bunganya. Jahat lu. Nyesseknya tuh di sini, tau gak sih. Tapi ahirnya gue sadar siih kalau Ryan emang gak baik.”

“Tenang aja kali, Oct. Air mata yang gue hadiahkan buat lu itu ada manfaatnya juga kan? Yaa, setidaknya dari nyesseknya elu itu, elu bisa belajar menjadi orang yang lebih sabar lagi. Sini gue puk-pukin elu. Mana senyumnya, abang pengen liat?”

“Nih…” ujar gue sambil nyengir kuda.

“Tau gak dek? Salah satu syarat diterimanya amal ibadah seseorang adalah ikhlas. ‘Maka, nikmat Tuhan-Mu yang mana lagikah yang engkau dustakan?’ Jangan senyum pura-pura, Octa. Senyum ikhlas aja. Kan dapat pahala.”

“Iya, iya… Kali ini senyum ikhlas kok bang. Niiih senyuum. Eh, lu tau gak bang? Hati gue sekarang bener-bener keusik sama keraguan.”

“Nah, ragu kenapa lagi?”

“Elu beneran mau lamar gue? Suka lu sama gue? Elu buru-buru banget nyatain cinta ke gue siih bang? Takut bener gak bakal kebagian cinta dari gue.” Cerocos gue. Bang Aas yang denger cuma senyum-senyum aja nanggepinnya. “Eh tapi serius, gue jadi deg-degan nih deket sama lu bang. Rada jauh sana.” Usir gue malu-malu. Pipi gue kayaknya udah pink-pink gitu deh. Iih~

“Setiap cinta itu miliki waktunya masing-masing, Octa. Gue gak pernah marah atau pun cemburu dengan lu pernah cinta sama Ryan, kok. Karena mungkin saat itu elu lagi cintanya sama Ryan, dan memang belum ada cinta di hati lu buat gue. Tapi sekarang perasaan itu udah ada, kayaknya yaa? Hehe. Jadi rencana lamaran gue diterima, kan? Yuuk sekarang juga kita samperin abah lu. Gue mau lamar lu. Secepetnya kita merid. Aaah Octa, cintanya gue ke elu itu beneran. Murni dari hati terdalam, juga bukan hasil karbitan. Haha.” Teriaknya bahagia sambil narik-narik tangan gue. Kemudian kita langsung nyari abah. Dengan gentelnya dia ungkapin semuanya kea bah. Aah, sumpah. Gue maluuu banget. Tapi gue bahagia.

“Elu bener, bang. Semua akan berubah sejalan waktu. Tapi tidak dengan cinta yang terbentuk atas kuasa-Nya, yang terus dibina dengan syariat-Nya, yang lantas semakin mengkokoh dalam ikat pernikahan.” Bisik gue dalam diam, yang kemudian gue susul senyuman mengembang di seluruh semesta.

Pada ahirnya, gue memutuskan untuk berhenti sibuk dengan pilihan orang lain. Gue mulai memilih pilihan gue sendiri. Iya, yang baik bagi elu, Octa. Bukan bagi mereka… :)

Ankasa, 5 Agustus 2014
21.20 WIB
Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Anda pengunjung ke:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Rainbow After Tears - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template